Kategori
IoT IT Programming

TelePhy, smart home controller dengan Telegram dan Raspberry Pi

Dilansir dari Wikipedia, teknologi smart home atau rumah cerdas adalah teknologi yang menggunakan sensor, fitur, atau perangkat lain yang terhubung dengan Internet of Things (IoT) yang dapat di monitor, dikendalikan, atau di akses dari jarak jauh. Biasanya, diatur untuk memenuhi atau menanggapi kebutuhan dari pengguna.

Teknologi ini memungkinkan bagi pengguna untuk memantau perangkat rumah yang terhubung dengan aplikasi smart home atau perangkat jaringan lainnya. Sehingga, penggunaan energi dan listrik dapat digunakan dengan lebih efisien dan aman.

Kali ini, saya ingin memperkenalkan program buatan saya yang bernama TelePhy, program yang dibuat menggunakan bahasa pemograman Python 3.

Fungsi dasar program ini adalah untuk mengendalikan perangkat elektronik yang ada di rumah anda melalui aplikasi pesan singkat Telegram.

Untuk menggunakan program ini, cukup clone repository TelePhy yang beralamat di https://github.com/denypradana/TelePhy kedalam perangkat Raspberry Pi anda, kemudian lakukan konfigurasi sesuai dengan Token Bot Telegram anda dan perangkat yang terpasang pada Raspberry Pi anda dan kemudian jalankan.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan bereksplorasi !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *